Luangkanlah Waktu Membaca Bersama Anak, Ketika Ibu Bekerja | Wanita

0
_____________________________________________


INSPIRATIFWANITA.com - Banyak orangtua muda menganggap bahwa di zaman sekarang, pemasukan keluarga mesti berasal dari dua sumber, yakni penghasilan suami dan istri. Alhasil, banyak orangtua yang saling sibuk bekerja demi memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Kondisi yang demikian berujung pada kurangnya waktu berkualitas dengan anak. Jangankan bermain bersama mereka, masih bisa bertemu si kecil dalam keadaan terjaga saat pulang ke rumah, rasanya sudah cukup melegakan.

Anda harus waspada dengan ritual harian yang demikian, sebab jarang berkomunikasi dengan anak, terutama yang berusia batita, bisa menyebabkan mereka sulit berbicara.

Studi yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa anak yang sedikit mendengarkan kata-kata, bisa memperlambat kemampuan berbicara mereka. Kondisi tersebut, jika dibiarkan berlarut-larut bisa menghambat kemampuan belajarnya kelak.

Menurut para peneliti, untuk menghindari buah hati sulit bicara, salah satu penawar paling ampuh adalah rutin membacakan buku atau bercerita pada anak dengan suara yang lantang dan artikulasi yang jelas, terutama saat mereka hendak tidur.

Disarankan, rutinitas ini dilakukan semenjak bayi menginjak usia ke satu.
"Bila para dokter merekomendasikan kepada orang tua tentang manfaat membacakan buku pada anak, ini sudah sangat membantu," ungkap Patti Miller, Clinton Foundation and Next Generation, seperti dikutip CNN.

Selanjutnya, Miller mengatakan bahwa bernyanyi bersama anak, juga bisa memperlancar kemampuan mereka dalam berbicara. Banyak orangtua yang menganggap aktivitas bersama anak, lebih kepada membangun hubungan yang hangat dan kepercayaan anak pada orangtua. Sebenarnya, manfaat lainnya jauh lebih penting dan krusial untuk fase tumbuh kembang si kecil.











Sumber : CNN
Penulis : Fadhla Audina
Editor : Agung Priyo Utomo

_____________________________________________

Post a Comment

 
Top