Inilah 7 Fakta Mengenai Flu | Wanita

0
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TECHNO-VASI.COM - Perubahan iklim yang ekstrim dapat menurunkan daya tahan tubuh, terutama jika Anda tidak siap menghindarinya. Akibatnya, virus ataupun bakteri dapat dengan mudah menghinggapi tubuh Anda. 

Ketika virus hinggap di tubuh Anda, salah satu dari tiga kemungkinan berikut akan terjadi: (1) virus akan musnah, atau (2) sistem imun tubuh aktif dan membunuh virus, atau (3) virus bertahan dan berkembang biak. Salah satunya virus RNA yang merupakan pembawa penyakit influenza. Penyakit yang akrab disebut flu ini sebaiknya jangan Anda anggap remeh.

1. Fakta: Mencuci tangan dapat mengurangi flu.
Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 90% penyakit justru datang dari tangan sendiri yang tidak bersih. Penyakit seperti flu, batuk, diare, hingga ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) berasal dari virus-virus yang masuk dari tangan yang seringkali menyentuh mulut dan hidung. Setidaknya, diperlukan 20 detik untuk mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Langkah-langkah mencuci tangan yang WHO sarankan yaitu meliputi telapak, jemari dan sela-selanya, serta punggung tangan.

2. Fakta: Olahraga bisa menangkal flu.
Aktivitas fisik yang teratur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah terserang flu atau setidaknya bisa mempercepat proses penyembuhan. Ketika flu, Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti senam kesegaran jasmani atau jogging.

3. Fakta: Flu bisa sangat mematikan.
Flu menjadi salah satu pandemi yang mengerikan. Dimulai pada tahun 1918 dan berakhir pada 1920, muncul flu Spanyol yang menyebar di negara Eropa dan Amerika Serikat. Flu yang menyebar pada masa Perang Dunia I itu menyebabkan sekitar 3-5% dari populasi dunia atau sekitar 50-100 juta orang meninggal dunia.

4. Fakta: Virus flu dapat menjangkau tubuh lain hingga 6 kaki.
Anda sebaiknya menjaga jarak sejauh 6 kaki atau bahkan lebih dari orang yang sedang terkena flu. Sejauh itulah virus dapat menempuh perjalanan mereka. Menggunakan masker atau penutup hidung ketika Anda sedang pilek (gejala flu) atau bahkan saat flu, akan mengurangi penularan atau menghambat perjalanan virus flu kepada orang di sekeliling Anda.

5. Fakta: Ketika hidung Anda tersumbat.
Sangat tidak nyaman ketika flu membuat kedua lubang hidung Anda tersumbat. Bahkan, Anda kesulitan menghirup dan mengeluarkan udara melalui hidung. Yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sumbatan yaitu menekan satu lubang hidung dan menghembuskan udara secara perlahan dan lembut melalui lubang satunya. Cara ini bisa mencegah sumbatan yang lebih parah dan menghindari sakit menjalar ke telinga.

6. Fakta: Vaksinasi Flu.
Menurut Centers for Disease Control (CDC) yang bermarkas di Amerika Serikat, Anda tidak berarti terlepas dari serangan flu meskipun sudah menerima vaksinasi flu. Bagi orang dewasa, disarankan untuk melakukan vaksinasi flu hanya satu kali dalam satu tahun. Jika perlu, vaksinasi flu dilakukan secara berkala karena virus sangat mudah bermutasi, sehingga vaksin flu pun terus diperbarui.

7. Fakta: Redakan gejala flu.
Beberapa sumber makanan dapat mengurangi gejala flu, di antaranya buah nanas yang mengandung enzim sehingga bisa mencerna protein, bersifat anti peradangan, dan mengurangi lendir. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat sebagai antibakteri dan antijamur untuk mencegah infeksi dan menaikkan imun tubuh. Sup ayam hangat juga bisa Anda andalkan untuk menghangatkan tubuh dan mencegah infeksi pada saluran pernapasan.



Post a Comment

 
Top