Inilah Beberapa Tips Untuk Cegah Kanker Payudara | Wanita

0
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TECHNO-VASI.COM - Kesehatan adalah sangat-sangat mahal harganya, tentunya kita selalu mengharapkan hidup yang sehat, dan tentunya kita harus hidup dengan gaya hidup yang sehat pula. Karena kesehatan itu sangat penting dalam kehidupan, maka ingat untuk selalu menjaga kesehatan dengan olah raga, pola makan minum yang sehat, pengaturan waktu yang sehat, pemikiran yang sehat dan lain-lain.

Nah, ngomong-ngomong soal kesehatan, kali ini saya akan berbagi tips mengenai kesehatan mencegah kanker payudara, kanker payudara adalah penyakit yang cukup familiar bagi kita karena jumlah presentasi penderitanya yang lumayan banyak, tidak hanya kaum wanita, kaum pria pun juga bisa terkena kanker payudara lho!

Simak beberapa tips yang akan saya share bersumber dari seorang ahli kesehatan sexiologi terkemuka di Indonesia, berikut beberapa tips mencegah kanker payudara:

1. SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Hal ini adalah langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker payudara yaitu memeriksa payudara sendiri dengan memijat payudara secara merata, hal ini untuk memeriksa apakah ada benjolan dipayudara, jika ada segeralah melakukan konsultasi kedokter.

2. Perbanyak makan buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi.

Zat ini secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya.

Radikal bebas adalah spesies yang tidak stabil karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dan mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi. Protein lipida dan DNA dari sel manusia yang sehat merupakan sumber pasangan elektron yang baik. Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein dan DNA, kanker, penuaan, dan penyakit lainnya.

Komponen kimia yang berperan sebagai antioksidan adalah senyawa golongan fenolik dan polifenolik. Senyawa-senyawa golongan tersebut banyak terdapat dialam, terutama pada tumbuh-tumbuhan, dan memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas. Antioksidan yang banyak ditemukan pada bahan pangan, antara lain vitamin E, vitamin C, dan karotenoid.

3.Kopi juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker, kopi mampu mengurangi kadar estrogen dalam tubuh seseorang, estrogen adalah hormon yang berpangaruh pada pengembangan kanker payudara. Namun mengkonsumsi kopi harus dengan pola konsumsi yang benar dan tidak berlebihan, menurut riset dokter di Swedia dan Inggris, dianjurkan mengkonsumsi 5 cangkir kopi sehari untuk penurunan resiko kanker payudara sebanyak 57% dan untuk kandungan caffein-nya 100mg per 1 cangkir kopi.


4. Hindari hal-hal atau kebiasaan yang bisa menyababkan trauma pada area payudara, biasakan melepas bra pada saat tidur untuk memperlancar pernafasan, pakai bra dengan ukuran yang pas jangan yang ketat ataupun yang longgar, dan atur pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk menjaga berat badan yang ideal.

Berikut Gejala-gejala Kanker payudara yang harus diketahui :
  • Pembengkakan pada seluruh atau sebagian payudara
  • Iritasi pada kulit payudara
  • Rasa sakit pada payudara
  • Rasa sakit pada puting atau puting masuk ke dalam
  • Kemerahan atau penebalan pada kulit puting atau payudara
  • Keluarnya cairan dari puting selain air susu
  • Adanya benjolan di ketiak



Post a Comment

 
Top