Lakukanlah Kiat Ini Untuk Melatih Anak Berpuasa | Wanita

0
___________________________________________________________________


Seminggu berlalu puasa di Bulan Ramadhan penuh berkah ini, Apakah Anda sedang melatih Anak untuk berpuasa ? Bagaimana Pelajaran saat melatih buah hati berpuasa apakah lancar ? Atau .... Ada kendala ?

Memang diwajibkan Anda sebagai muslim untuk melatih Buah Hati untuk berpuasa, namun banyak hal yang terjadi ketika Anda melatih Buah Hati untuk berpuasa di kala usia Anak sekolah maupun prasekolah.

Belum juga setengah hari buah hati tiba - tiba berwajah pucat dan pingsan akibat menahan dahaga dan lapar. Hal tersebut memanglah sudah biasa di dalam kehidupan keluarga dimana Sang Ibu melatih puasa buah Hatinya, agar latihan berpuasanya lancar perlu diketahui oleh Anda Sebagai seorang ibu muslim dikutip dari buku "10 Kiat Agar Ramadhan Anak Bersama Ayah Lebih Bermakna" yang diterbitkan oleh Irwan Rinaldi

" Kita harus sadar bahwa kemampuan anak tidak sekuat kemampuan orang dewasa, " Ujar Irwan.

Bermodalkan kalimat itulah, sebaiknya Orang Tua yang muslim mulai sadar untuk melatih Buah Hatinya untuk berpuasa, berikut kiat untuk sukses melatih Anak berpuasa,

Anak - Anak ( usia 5 - 7 Tahun )
Jangan terlalu menekankan Anak di usia ini untuk berpuasa, karena pada umur ini masih dalam proses tumbuh berkembang yang membutuhkan banyak asupan gizi, sebaiknya Anda jangan mengabaikan hal ini.

Kesungguhan Anda
Walaupun hanya sebatas latihan untuk berpuasa, Anda tetap melakukan pelatihan tersebut dengan Kesungguhan, dengan begitu anak akan sedikit paham tentang apa yang di ajarkannya dari orang tuanya tentang pentingnya berpuasa.

Temani dan Beri Support
Temanilah Buah Hati anda dikala sedang menjalankan pelatihannya, jadikanlah pelatihannya sebagai prioritas dikala Anda sedang sibuk melakukan sesuatu, sehingga secara langsung Buah Hati Anda akan merasa ada keterkaitannya puasa dengan Anda sebagai Orang Tuannya serta berikanlah support untuk Buah Hati terlebih support dari Anda akan memotivasi Buah Hati Anda.

Pahamilah
Pahamilah bahwa kegiatan berpuasa yaitu kegiatan yang hanya sebuah pelatihan untuk Buah Hati Anda agar mampu dan terbiasa berpuasa dan pengondisian, pembiasaan maupun persiapan agar Buah Hati Anda sigap dan disiplin dalam menjalankan ibadah puasa seorang muslim serta jangan menjadikan pelatihan berpuasa sebagai final untuk Anda mengajarkan Buah Hati beribadah sebagai seorang muslim.



Sumber : 10 Kiat Agar Ramadhan Anak Bersama Ayah Lebih Bermakna
Penulis : Fadhla Audina
Editor : Agung Priyo Utomo



Post a Comment

 
Top